Cara Mencampur Arwana dengan Jenis Ikan Lain dalam Satu Akuarium

Ikan Arwana (sumber:wikipedia)
Pada umumnya ikan Arwana dipelihara secara sendiri-sendiri atau tidak secara kelompok-kelompok. Terutama pemeliharaan Arwana sebagai ikan hias di dalam akuarium. Spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara ini jika di pelihara dengan ikan lain dalam satu akuarium, biasanya tidak rukun dengan jenis ikan lainnya. Namun sebenarnya ikan Arwana  dapat hidup rukun dengan ikan lain dalam satu akuarium.  

Jika Anda ingin mencampur ikan Arwana dengan jenis ikan lain, berikut beberapa tips dan langkah-langkahnya. 

1. Idealnya bentuk akuarium untuk Arwana berbentuk segi empat memanjang, atau bentuk balok. Hal ini selain serasi dengan bentuk tubuhnya yang memanjang, ikan Arwana dapat bebas berenang hilir mudik. Tentu ukuran akuarium disesuaikan dengan ukuran ikannya. 
2. Ikan Arwana sebaiknya berada dalam akuarium terlebih dahulu. Artinya Arwana adalah penghuni akuarium pertama kali. 
3. Sebelum menempatkan ikan jenis lain ke dalam akuarium, ikan Arwana dalam akuarium terlebih dahulu di beri makan sampai kenyang dengan udang kali.
4. Setelah kenyang , baru ikan jenis lain dapat dimasukan ke akuarium, sehingga Arwana kini tidak hidup secara soliter *. Penghuni lama merasa tidak akan terganggu akibat kehadiran ikan lain, jika ia sudah kenyang. 
5. Amati tingkah laku Arwana dengan ikan Iain yang tercampur dalam satu akuarium. Satu, dua,tiga hari. Jika sudah benar-benar kondisi di dalam akuarium tenang dan tidak terjadi kejar-kejaran, maka kini tinggal perawatan dan pemberian makan yang diatur sedemikian rupa sehingga ikan di dalam akuarium tidak saling berebut. 

Catatan; perlu diperhatikan juga jenis ikan lain yang akan dimasukan ke dalam akuarium yang berisi ikan Arwana. Jika ingin mencampur ikan Arwana dengan ikan jenis lain, perlu juga diperhitungkan kebebasan ikan di dalam Akuarium jangan sampai terlalu membatasi ikan-ikan dalam berenang. Cukup satu ekor ikan Arwana dan maksimal 3 ekor jenis ikan lain dalam satu akuarium. 

 *) soliter = secara menyendiri tau sepasang-sepasang, tidak secara kelompok 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar