Membuat Bonsai dari Tanaman Landepan

Landepan (plectronia horrida0, merupakan jenis tanaman semak berkayu yang tumbuh liar di tanah-tanah kapur yang gersang di dataran rendah. Ia banyak dijumpai di Pulau Jawa. Tanaman landepan ini memiliki beberapa sifat ideal yang dapat dijadikan tanaman bonsai. Tidak hanya bonsai asal-asalan. Bonsai dari Landepan dapat berniali tinggi.

Ukuran daun yang relatif kecil dan tebal, dan dapat diperkecil lagi sesuai dengan masa pembonsean.Kulit kayunya berwarna putih, yang nampak kontras dengan warna daunnya yang sangat cerah berkilat. Kelebihan tanaman landepan ini, salah satunya adalah tahan akan media tanam yang terbatas akan unsur haranya. Tanaman Landepan mudah bertunas sampai ke cabang dan rsranting-rantingnya. Hal ini apabila di lakukan tahapan pembonsean yang benar, maka akan membentuk tajuk yang kompak pada saatnya. Tanaman ini juga memiliki keuntungan tesendiri bagi pebonsai, karena landepan amat lambat tumbuh. Sehingga pemangkasan terhadapt tanaman ini tidak perlu sesering mungkin. 

Tanaman landepan tahan ditanam di segala tempat, baik dipans terik dan berangin, maupun ditempt yang agak teduh. Ia dapat berbunga sangat banyak dan umumnya akan mekar secara serentak. Bunga tanaman landepan tergolong harum wangi. Berkat warnanya yang putih dan bau yang harum, maka ada yang menyebutnya sebgai melati hutan. Oleh sebab sifat-sifat yang ideal tersebut, Landepan menjadi bahan tanaman bonsai yang berkualitas. 

Landepan jika kita jumpai di banyak tempat di kepulaua Jawa, biasanya hanya menjadi sarang ular, karena cabangnya yang panjang, merunduk dan beduri halus. Tentu bagi para kreator bonsai hal ini tidak menjadi halangan. Landepan bahkan pernah menjadi primadona bonsai di Indonesia. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara cangkok, stek, atau pemecahan akar.

Masa Pembentukan Bonsai
Dalam masa pembentukannya, banyak cabang dari tanaman landepan yang harus dipotong dan dibuang. Karena tanaman ini selalu bertunas pada ketinggian yang sama, sehingga salah satu cabangnya harus dihilangkan. Batang atau cabang yang tumbuh tegak umumnya memiliki ruas-ruas yang agak panjang, sedangkan cabang yang tumbuh ke samping, ruas-ruasnya sangat pendek. Hal ini perlu diperhatikan dalam pembentukan puncak pada bonsai. 

Batang yang tegak harus dipotong, dan cabang yang tumbuh mendatar dibawahnya ditegakan dan dibentuk sebagai puncak "baru". Dengan demikian akan diperoleh puncak yang kompak karena ruas-ruas di tempat tersebut sangat pendek.Selama masih dalam taraf pembentukan, sebaiknya digunakan medai tanam dari campuran humus, tanah,pasir dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Selanjutnya bila bonsai telah relatif jadi, maka kadar humus dari tanahnya bisa dikurangi hingga tinggal 50 % berupa pasir. 

Yang perlu diperhatikan, bonsai landepan menghendaki drainase atau pengeringan media tanam yang baik. Pengeringan yang tidak baik akan menyebabkan busuk pada akar, sehingga sebagian atau keseluruhan tanaman ini akan mati. Bonsai landepan dapat tahan dua sampai tiga hari di dalam ruangan. Di lokasi yang teduh daun bonsai landepan tumbuh agak besar dibanding dengan daun landepan yang sering terkena sinar matahari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar