Tanaman Untuk Dekorasi Akuarium Maskoki

Biasnya penggemar ikan maskoki, hanya memberi gambar pada bagian luar akuarium sebagai dekorasinya. Alasannya, biar aman. Sebab ikan maskoki suka merusak dekorasi yang ada di dalam akuarium. Padahal sebenarnya, ada tanaman air jenis tertentu yang bisa luput dari ulah si koki ini. Jika ingin meletakan tanaman air ke dalam akuarium yang terdapat ikan maskoki, maka pilihlah tanaman yang berdaun keras.

Anjuran memilih tanaman yang berdaun keras untuk diletakan di dalam akuarium bersama maskoki memang bukan tanpa alasan. Dengan tanaman berdaun keras maskoki enggan untuk menggerogotinya. Barang tentu tanaman yang ada juga harus menambah keindahan isi didalam akuarium. Dan bila perlu dapat juga berfungi sebagai pelindung telur bila masa bertelur tiba.

Ada beberapa jenis tanaman berdaun keras yang bisa dipilih untuk koki yang dikenal nakal ini. Diantaranya adalah Vallisneria yang berdaun panjang. Ada dua jenis, yang berdaun lurus dan spiral. Daunnya yang panjang-panjang cocok bila ditanam sebagai latar belakang susunan akuarium. Sepintas daun tanaman ini mirip dengan daun tanaman bawang. Di kalangan pedagang tanaman air, tanaman ini sering disebut legentea kalau daunnya lurus, sedangkan yang berdaun spiral dikenal sebagai spiralis. 

Jenis lain yang agak lebar daunnya adalah yang dikenal sebagai Amazon atau Sward plant yang nama latinnya Echinodorus amazonicus. Bagaimana cara menanam tanaman ini? Setelah pasir dicuci berulang-ulang agar terbebas dari kotoran dan siput, maka akuarium yang telah berpasir tadi diisi air. Selanjutnya tanaman yang akan ditanam juga dibersihkan dari lumut dan telur siput yang menempel pada sela-sela tangkai daun. Penanamannya dilakukan setelah akuarium diisi air. Jadi daun bisa mekar sehingga pegaturannya lebih mudah. Setalah akar tertimbun tanah semua, baru kemudian ditutup dengan batu kerikil berwrna. Selain untuk memerindah, juga untuk menjaga agar pasir tak diaduk-aduk oleh maskoki. Sebab kerikil warna ini cukup berat bagi mulut maskoki. 

Perawatan tanaman ini dapat dilakuakan dengan cara pemberian lampu natrium pada akuarium atau juga dapat berupa neon daylight 20 watt. Hal ini kareana menghindari daun tanaman ini busuk karena kurangnya sinar. Namun juga perlu diperhatikan adanya lumut yang menempel pada daun sehingga menimbulkan bintikbintik hitam. Untuk mengatasi hal tersebut lakukan pergantian air seminggu sekali, kemudian saat pergantian air daun-daun tersebut juga dibersihkan dengan cara digosok-gosok dengan kain yang halus. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar