Cara Sederhana Anggrek Dendrobium Lebat dan Rajin Berbunga

Dendrobium merupakan salah satu anggrek yang rajin berbunga. Namun perlu juga dendrobium dirawat agar tanaman ini sehat dan juga lebih rajin berbunga serta lebat. Banyak faktor yang perlu diperhatikan kala anggrek dendrobium menjadikan salah satu tanaman hias di taman rumah kita. Beberapa faktor tersebut antara lain
a. Anggin
Anggrek Dendrobium menyukai angin sepoi-sepoi. Anda dapat mengamati dengan cara melihat apakah dendrobium bergoyang lembut tertiup angin. Jika ia, maka tidak salah tempat tersebut sebagai tempat anggrek dendrobium tumbuh. Namun hembusan angin juga tidak boleh terlalu kencang. 
b. Suhu
Anggrek Dendrobium menghendaki suhu udara agak tinggi, sekitar 23 derajat celcius pada malam hari, sedang pada siang hari anggrek dendrobium  menyukai suhu antara 33-35 derajat celcius. Untuk pencahayaan matahari, anggrek dendrobium membutuhkan 50-70 persen cahaya sinar matahari pada waktu pagi dan siang hari. Sinar matahari yang harus diterima anggrek dendrobium paling tidak lamanya 10 jam sehari. Jika anggrek dendrobium kurang menerima cahaya, maka akan mengakibtakan pada produktivitas bunga dan pertumbuhannya. 
c. Kelembaban
Anggrek dendrobium sebagaimana juga jenis anggrek lainnya juga menyukai kelembaban kurang lebih 70-89%. Hala yang perlu diperhatikan bahwa anggrek dendrobium sebaiknya tidak menerima air siraman air hujan berlebihan namun ia tetap berada pada kelembaban yang dianjurkan. Oleh sebab itu dianjurkan letak anggrek dendrobium jangan meletakan ditempat terbuka tanpa naungan apapun, jika tempat terebut tinggi curah 
hujannya. 
Ada beberapa jenis aggrek dendrobium yang tahan akan sinar matahari namun juga menghndari sinar matahari langsung. Untuk itu perlu diadakan percobaan untuk mengetahui jenis anggrek yang Anda tanam. Apakah cocok menerima sinar matahari langsung maupun tidak. Disamping itu, pada umumnya, kita juga perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut dalam menanam dan merawat anggrek dendrobium. Antara, lain:
a. Jangan menaruh Dendrobium diatas tanah supaya tanaman tidak trganggu hama seperti misalnya keong atau rayap.
b. Sebaiknya Dendrobium diletakan diatas rak atau digantung supaya tanaman anggrek dendrobium terhindar dari bham pengganggu dan air siraman cepat mengering. Perlu diketahui juga bahwa anggrek dendrobium atau anggrek jenis lain tidak suka dalam keadaan berbasah-basah. Namun menyenangi suasana lembab.
d. Dendrobium tergolong peka terhadap perubahan yang mendadak baik suhu maupun suasana. Hal sederhana untuk menghindari ini, adalah jangan sering memindah tanaman anggrek karena pemindahan daat mengakibatkan tanaman stress dan akhirnya sulit berbunga.

Merawat Anggrek Dendrobium
Perawatan terhadap anggrek dendrobium brtujuan tentunya agar ia rajin berbunga dan bunganya menjadi lebat dari sebelumnya. Kunci untuk menjadikan anggrek dendrobium lebat dan rajin berbunga syarat utamanya adalah tanaman jangan diletakan secara sembarangan, teknik penyiraman yang tepat, pemupukan secara tepat dan juga pengendalian hama dan penyakit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar