Bersih-Bersih Ikan Sucker Mouth Jagonya

Mengenal Ikan Sucker Mouth

Penampilannya mirip ikan purba, namun sifatnya pendamai dan tidak berbahaya bagi ikan-ikan lain. Dengan sifat demikian ikan ini dapat dijadikan penghuni akuarium.

Nama ikan ini agak susah diucapkan oleh orang Indonesia. Sucker-Mouth, adalah namanya. Disebut demikian karena ikan ini kebiasaanya menghisap lumut yang menempel didinding kaca akuarium. Bisa anda banyangkan sendiri, kelakuan ikan sucker mouth. Tanpa anda harus membersihkan sendiri kaca dalam akuarium, maka pekerjaan ini diambil alih oleh ikan sucker-mouth. Sangat membantu tentunya. 
Selain itu penggemar tertatik terhadap ikan ini juga karena bentuknya yang agak aneh. Bentuk dan tampangnya amat jelek, jika dibandingkan dengan ikan hias lain. Warnanya loreng-loreng coklat muda dengan bercak-bercak kehitaman. Kepalanya mirip ikan lele, yaitu gepeng. Dan bentuk badannya yang memanjang dan saat ia berjalan mirip dengan ikan lele. Namun begitu ada perbedaaan sedikit pada bentuk punggungnya yang meninggi sedikit, dan siripnya yang besar. Akan tampak lebih anggker jika sirip-sirip ikan ini dibantangkan. 

Ikan ini tidak membahayakan ikan lain di dalam akuarium. Ikan maskoki, discus, balasak, arwana akan tetap aman jika bersanding dengan ikan sucker-Mouth ini. Di antara ikan yang ada di dalam akuraium ikan ini kelihatan amat menonjol. Jika ikan jenis lain hilir mudik kesana kemari. Si sucker lebih tenang karena ia lebih sering menempel ada kaca akuarium. 

Walaupun ikan ini tidak membahayakan ikan lain dalam akuarium, namun ikan ini dikenal serakah. Ia akan melalap apa saja dengan serakah dan tidak segan-segan merebut makanan dari ikan lainnya. Selain ganggang, ia juga doyan dengan cacing, kutu air, dan sisa makanan ikan lain yang tercecer di dasar akuarium. Dengan sifat demikian, ikan ini dikenal sebagai ikan si tukang sapu. Karena ia tanpa diminta melalap semua makanan yang tercecer. 

Setelah makan kenyang, ikan ini akan tampak malas. Ia tidak akan makan lagi, walaupun ada makanan. Ia akan bertingkah menempel di kaca, seolah-olah ia sedang tidur. Ikan ini berasal dari sungai Amazone di Amerika Serikat. 

Selama ini belum diketahui cara pembiakannya dalam akuarium dan orang masih sulit membedakan jenis jantan dan betina. Namun begitu karena sifat-siatnya seperti ikan lele, banyak orang mencoba memperbanyak dengan cara perkembangbiakan ikan lele. Biasanya dengan cara ini peternak sudah dapat menyaksikan anak-anak ikan yang berenang dipinggiran kolam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar