Jenis Palem Chamaedorea Cocok Sebagai Tanaman Hias Ruangan

Sebagai tanaman penghias ruangan,Chamaedorea sangat cocok. Sayang belum banyak yang mengenalnya.
Menghias sudut ruangan dengan tanaman hidup, agaknya sudah menjadi kebiasaan. Lebih-lebih di kota yang semakin sulit mendapatkan halaman luas. 

Suasana segar dan teduh dengan dedaunan yang hijau itu memang selalu diharapkan hadir bukan hanya di halaman rumah tempat tinggal, namun juga di dalam rumah. Itulah sebabnya hingga kini berjenis-jenis tanaman yang dapat ditempatkan dalam ruangan rumah terus dicari. Dan untuk kategori tanaman penghias di dalam ruangan rumah maupun perkantoran, jenis palem tetap menjadi idola kebanyakan orang. Sosoknya yang anggun dan menyejukan serta ketahanan palem sanggup berlama-lama di dalam ruangan. 

Deretan nama seperti: palem kol, weregu, kuning dan kipas sudah sering disebut orang. peminatnya, memang cukup banyak. Namun disamping nama-nama tadi, barangkali kita bisa memilih jenis lain yang ternyata tak kalah menariknya, yaitu palem Chamaedorea. 

Kelomok ini jumlahnya ada sekitar 20 jenis. Diantaranya, yang satu-satunya memanjat adalah chamaedorea elatior. Bila beranjak dewasa, palem ini memerlukan panjatan untuk menopang batangnya. Ch. cataractarum, punya keistimewaan pada daunnya yang anti lecek, hal ini dapat anda buktikan sendiri. Walaupun daun ini direas-remas daunnya akan tetap kembali seperti semula. Beberapa jenis palem chamaedorea yang populer antara lain Ch. tepejilote, Ch.elegans, Ch. metallica dan Ch. erumpens. 

Chamaedorea elegans
bentuk ramping dan mungil ditambah daun-daunnya yang menjuntai anggun itulah kesan yang tampil dari palem jenis ini. Pantas saja, bila disebut elegans atau elok. Agaknya karena itu pula ia sering dipanjang di dalam ruangan atau di salon-salon kecantikan hingga ada yang menyebutnya sebagai palem salon. Palem ini menyenangi tempat yang teduh, yang terlindung dari cahaya matahari langsung. Perbanyakan bisa dilakukan dengan bijinya. Sosok tanaman akan nampak semakin indah bila tandan buah muncul dari pelepah daun.

Chamaedorea metallica
Dari namanya, metallica, sudah bisa ditebak bahwa daun palem ini seolah dilapisi warna metalik sehingga nampak berkilau.Palem ini menyukai lingkungan yang teduh jadi cocok bila ditanam dipot sebagai indoor plant.Warna metalik pada daun akan muncul bila situasi lingkungannya sesuai dengan yang diinginkan yaitu sejuk. Ada dua macam bentuk daun, yang pecah dan tidak pecah, maksudnya, pada ujung daun akan berbelah.

Chamaedore erumpens
Disebut juga palem bambu.Daun dan rumpunnya memang seperti serumpun bambu. Asalnya dari Amerika Selatan.Palem itu cocok dipajang disudut ruangan karena terlalu bongsor. Perbanyakan dapat dilakukan dengan pemecahan rumpunnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar