Cara Membuat Pupuk Agar Anggrek Dendrobium Cepat Berbunga

Anggrek Dendrobium merupakan anggrek yang lebat berbunga. Namun untuk menjadikan anggrek dendrobium lebih cepat dan rutin berbunga serta lebat bunganya. Perlu perawatan khusus terhadap anggrek dendrobium tersebut. Salah satu perawatann adalah memberikan pupuk yang sesuai. Banyak jenis pupuk yang dijual di toko pertanian ataupun toko tanaman hias. Namun adakalanya tidak cocok dengan anggrek dendrobium yang kita miliki. Langkah untuk itu tentu, bagaimana membuat pupuk sendiri agar Anggrek Dendrobium cepat dan lebat berbunga. 

Dengan membuat ramuan pupuk sendiri, kita dapat mengetahui pertumbuhan anggrek dendrobium. Membuat pupuk untuk anggrek tidaklah sulit. Bahan dasarnya dapat kita temukan di beberapa toko yang menjual pupuk atau toko pertanian. 

Mengenai pemupukan ada anjuran yang perlu kita perhatikan, yaitu:
a. Pupuk yang diberikan harus disesuaikan dengan fase pertumbuhan anggrek dendrobium.
b. Pada fase muda (ditempat pembibitan hingga berumur sekitar setahun sejak dipindah), dianjurkan diberi pupuk lengkap NPK yang kandungan N-nya tinggi.
c. Pada fase remaja (umur tanaman sekitar setahun dua tahun), dianjurkan diberi NPK yang kandungan N-nya sama besar dengan P dan K.
d. Pada fase berbunga (umur tanaman sudah dua tahun keatas) dianjurkan diberi pupuk NPK yang kandungan P-nya tinggi. 
e. Pupuk lengkap di atas bisa diramu sendiri dengan mencampur rata pupuk tunggal urea atau ZA, TS dan DS, dan ZK atau KCI, dan kemudian melarutkannya ke dalam air. 
Takaran pupuk

Cara Membuat Pupuk ramuan sendiri agar anggrek dendrobium cepat berbunga
Fase Pertumbuhan
pada fase ini dendrobium memerlukan NPK yang tinggi kandungan N-nya. NPK seperti ini dapat kita buat sendiri seperti berikut: Kita ambil 0,6 gram urea yang dilarutkan ke dalam seliter air; 0,3 gram TS dilarutkan ke dalam seliter air, dan 0,1 gram KCI dilarutkan ke dalam seliter air. ketiga larutan ini dicampur rata baru kemudian disemprotkan ke dalam tanaman. Penyemprotan dengan ramuan ini bisa dilakukan setiap 10-15 hari sekali. 

Fase remaja
pada fase remaja kita perlu membuat NPK yang sama besar kandungan ketiga unsurnya. Meramunya sebagai berikut : Kita ambil 0,3 gram urea yang dilakukan ke dalam seliter air; 0,3 gram TS dilarutkan ke dlam seliter air, dan 0,3 gram KCI dilarutkan ke dalam seliter air. Ketiga larutan dicampur rata, baru kemudian disemprotkan ke daun tanaman. Penyemprotan dapat dilakukan setiap 10-15 hari sekali. 

Fase Pembungaan
Pada fase pembungaan, ketika umur anggrek sudah sekitar dua tahun, diperlukan NPK yang kanungan P-nya lebih tinggi. Meramunya sebagai berikut : Kita ambil 0,1 gram urea yang dilarutkan ke dalam seliter air; 0,6 gram TS dilarutkan ke dalam seliter air; dn 0,1 gram KCI dilarutkan ke dalam seliter air. Setelah ketiga larutan itu dicampur rata, baru kemudian disemprotkan ke daun tanaman. Dalam hal ini, kita dapat melakukan penyemprotan setiap 10-15 hari sekali. Dapat juga setiap 5-7 hari sekali. Namun larutan pupuk sepekat itu perlu ditambah air lagi senyak kurang lebih 2-3 liter air biasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar