Maskoki Pencer Ikan Anggun dan Menawan

Badannya bulat pendek, badannya berkerudung jambul, siripnya panjang melambai-lambai, dan anggun jika bereng. Penampilan ikan maskoki pencer tampak mencolok,karena badannya yang gemuk pendek agak membulat berkombinasi dengan sirip-sirip yang panjang melambai-lambai. 

Maskoki pencer dapat dibedakan dari strain maskoki lainnya. Karena bentuk badannya yang khas. Kepala dan moncong kecil, tetapi diatas kepala terdapat jambul berwarna orange atau merah. Sirip punggung, sirip dada, dan sirip ekor panjang. 

Maskoki pencer yang bagus jambulnya besar, warnanya mencolok. Asal maskoki pencer yang ada di negara Indonesia berasal dari Cina, Jepang dan Indonesia sendiri. Numun dari ketiga asal maskoki pencer tersebut, yang paling oke punya adalah yang berasal dari Jepang. Karena bentuk badannya lebih bagus dan bongok punggungnya, warnanya terang dan tajam. 

Maskoki pencer jantan dan betina dapat dibedakan dengan melihat sirip renangnya. Sirip ikan jantan berbintik-bintik putih, sedang ikan betina tidak berbintik-bintik. Selainitu ikan betina bentuk badanya lebih pendek dibandingkan dengan ikan jantan dan peritnya lembek.

berdasarkan warna tubuh, juga terdaapt bermacam-macam variasi warna maskoki pencer. Ada maskoki pencer merah, yang seluruh badannya berwarna merahpolos, merah putih, kaliko hitam polos, kepala merah. 

Maskoki pencer menghendaki akuarium dengan filter dan aerator yang memadai. Filter yang lebih besar akan lebih baik lagi. Agar akuarium bersih sebaiknya dalam pemberian makanan jangan terlalu berlebihan. Makanan diberikan dua kali sehari, waktu pagi dan sore hari. Makannya jangan terlalu kenyang, berikan makanan secukupnya saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar