Cara Menyetek Azalea

Langkah-langkah menyetek Azalea

Salah satu cara praktis untuk memperbanyak Azalea adalah dengan stek pucuk. Kalau Anda ingin mencoba berikut ini langkah-langkahnya. 

Sediakan Kotak Stek
Untuk wadah penyetekan,sediakan kotak dari kayu atau bahan lainnya. Dalamnya kotak kira-kira 25 - 30 cm, sedang lebar dan panjangnya tergantung banyaknya yang akan disetek. Biasanya bidang seluas 30 x 30 cm dapat memuat 15 - 20 batang stek. Jangan lupa pada dasar kotak diberi lubang untuk pembuangan air. 

Media Tanam Stek
Syarat utama media tanam untuk menyetek Azalea adalah berdrainase baik tetapi dapat menahan kelembaban air. Media tanam yang demikian dapat dibuat dari campuran humus, mos, pasir dengan perbandingan 1 :1 : 1. Ketiga bahan tersebut mesti kita saring terlebih dahulu sampai halus, baru kemudian kita campur. Sebelum ditanami, media ini mesti diseterilkan terlebih dahulu, caranya dengan mengukusnya sampai suhu 80 derajat selama beberapa jam. 

Bahan Stek
Bahan steknya dapat diambil dari pucuk-pucuk cabang yang sudah pernah berbunga. Pucuk cabang tersebut dipotong dengan menggunakan pisau tajam, sepanjang kira-kira 10-15 cm dan memiliki tiga duan. Ujung bawah batang stek kemudian diruncingkan dengan cara memeotong miring sekitar 45 derajat. 
Selanjutnya stek ditancapkan dalam kotak yang telah diisi media tanam dengan jarak 7 x7 cm atau 10 x 10 cm. Kemudian kotak stek yang telah ditanami itu ditutup kaca atau dapat juga ditutupi dengan plastik transparan, kemudian diletakan di tempat teduh yang suhunya kira-kira 20 -28 derajat celcius.
Dua minggu berikutnya jika stek masih tetap hijau segar, berarti ia hidup. Jika stek sudah tumbuh dan daunnya sudah mencapai sekitar delapan helai, ia dapat dipindahkan ke dalam pot kecil sebagai tanaman muda. Agar tidak stres, tanaman muda itu sebaiknya diletakan terlebih dahulu di tempat yang kondisinya hampir mirip dengan kondisi selama dalam kotak stek. Baru setelah tanamannya kuat, ia dapat di letakan di ruangan biasa dan dipelihara seperti tanaman muda lainnya. 

Demikian langkah-langkah cara menyetek Azalea, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar