Cara Menanam Suplir yang Tepat

Tak cermat menanam suplir mengakibatkan si suplir akan tumbuh tak diharapkan. Padahal suplir termasuk tanaman hias yang murah meriah namun enak dijadikan pajangan. Menanam suplir di rumah memang gampang-gampang susah. Menjadi mudah memang, bila kita tahu apa yang akan diinginkannya. Artinya, mesti mengetahui suplir beserta sifat-sifatnya. Ada tiga hal utama yang perlu diperhatikan dalam pennempatan  suplir sebagai tanaman hias. Ketiga hal tersebut adalah,
angin
suplir sangat menyukai angin yang berhembus lembut, di teras depan, atau di smping rumah misalnya. adanya angin sepoi itu, akan membantu menguatklan batang-batang suplir agar tumbuh dengan baik. Dengan hembusan angin sepoi batang -batang akan bergoyang, dan inilah yang akan membuat batang suplir kuat. Sebailknya jika tidak ada angin beerhembus, maka mengakibatkan batang-batnag suplir akan lemah dan mudah patah. Namun perlu diketahui juga, penanaman suplir di tempat yang beraingin cepat juga tidak baik. Misal, di depan pintu atu tempat terbuka lainnya.
kelembaban
suplir seperti ditempat asalnya sangat menyukai tempat yanag lembab. Tapi. ingat untuk menempatkannya , jangan pada tempat yang terlalu lembab, karena terlalu lembab akan mengakibatkan keriting dan bercak-bercak. Sebaiknya hindari penempatan tanaman suplir di ruangan ber-AC. Ruangan ini sama sekali tidak lembab, dan akan mengakibatkan daun menjadi keriting.
sinar matahari
untuk memenuhi faktor ini, peru diketahui dua golongan suplir, Yang satu berdaun kecil, biasanya menyukai sinar matahari. Yang lain, yang berdaun besar, umumnya justru menghindarti sinar matahari.  Untuk golongan pertama hanya membutuhkan 3-4 sinar matahari langsungan dan jam yang terbaik adalah sekitar jam 7-10. Golongan kedua (berdaun besar) hanya membutuhkan sinar matahari sekitar 1-2 jam.
kekeurangan sinar matahari mengakibatkan warna daun pucat, tangki yang memanjang namun daunnya tyak rimbun atau saling berjauhan. Kelebihan sinar matahari juga tidak bagus, daun suplir akan hangus.
pandai-pandailah kita menanam suplir agar dapat rimbun dan menhias ruangan kita dengan memperhatikan faktor-faktor di atas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar