Tips Merawat Bonsai Bugenvil

Bugenvil merupakan tanaman asli Amerika Selatana. Bugenvil termasuk dalam keluarga Nyctaginaceae. Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 4 meter. Selain dibiarkan tumbuh secara alami, bugenvil juga merupakan salah satu tanaman yang dapat dibuat bonsai. 

Bagaimana cara perawatan bonsai bugenvil. Di bawah ini kami uraikan beberapa tips cara perawatan bonsai bugenvil;
1. Cahaya Matahari
Sinar matahari cukup diperlukan bagi bugenvil agar dapat tumbuh optimal. Untuk mendapatkan cahaya matahari, sesekali letakan bonsai  bugenvil keluar ruangan. Waktu yang tepat untuk bugenvil mendapt sinar matahari langsung adalah sekitar jam 8 - 10 pagi. 
2. Media Tanam alias tanah
Media tanam yang baik salah satu cirinya adalah memiliki drainase yang baik, artinya media tanam tidak boleh terlalu padat. Beberapa bahan organik dapat ditambahkan untuk pencampuran media tanam. 
3. Penyiraman 
Bugenvil merupakan salah satu tanaman yang tidak memerlukan banyak air, artinya tumbuhan ini tahan akan kebutuhan air. Namun demikian sebaiknya lakukan juga penyiraman yang rutin beberapa hari sekali. Lakukan penyiraman jika benar-benar media tanam sudah kering dan padat. 
4. Nutrisi
Bugenvil memerlukan berbagai nutrisi agar dapat tumbuh optimal. Beikan bahan pupuk rendah noitrogen untuk memastikan kecukupan gizi tanaman bonsai anda. 
5. Pemangkasan
Bonsai bugenvil cocok untuk memepercantik interior rumah anda. Untuk menjaga keindahan bugenvil, sebaiknya lakukan pemangkasan di bagian-bagian tertentu pada ranting bonsai bogenvil anda. 
6. Mengganti Pot
Seiring pertumbuhan bonsai, mengganti pot menjadi sesuatu hal yang penting. Penggantian pot dapat dilakukanm setiap dua atau tiga tahun. Lakukan pergantian pot dengan memperhatikan media tanam asal bugenvil. Jika tidak tepat biasanya bugenvil akan stres, yang ditandai dengan banyak daun yang kering dan berguguran. 
7. Hama
Hama yang umum menyerang bonsai bugenvil diantaranya adalah ulat, kutu daun dan jamur. Jika diperlukan gunakan insektisida atau fungisida untuk melindungi bonsai bugenvil dari serangan berbagai hama. 

Demikian beberapa tips merawat bonsai bugenvil kesayangan Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar