Kapan Mengganti Media Tanam Kaktus

Waktu Tepat Mengganti Media Tanam Kaktus

Agar kaktus tetap sehat dan cantik, media tanamnya harus diganti secara berkala. Kaktus sebagai tanaman gurun yang dijadikan tanaman hias tentu perlu perlakuan khusus, agar ia tetap cantik dan mempesona. Kapan waktu tepat mengganti tanaman kaktus, tentu tergantung dari ukuran tanaman itu sendiri. Semakin besar tanaman kaktus maka penggantian media tanam lebih pendek waktu pergantian media tanamnya. Umumnya jenis kaktus berukuran kecil sampai sebesar bola kasti hanya perlu waktu tiap enam bulan sekali. Contohnya pada kaktus Notocactus dan Mammilaria. Kelompok ini memang tergolong cepat tumbuh. Beda dengan kelompok kaktus yang lambat tumbuh, hanya waktu setahun sekali. Contohnya adalah kaktus kaktus own root (non grafting) seperti Echinocactus dan Ferocactus.
Adakalanya diluar waktu-waktu tersebut, perlu dilakukan penggantian media. Hal itu bila dijumpai tanda-tanda tertentu. 

Tanda-Tanda kaktus perlu diganti media tanam
1. Duri atau bulu baru tidak tumbuh lagi.
2. Pada kaktus grafting, nampak ada pertumbuhan, bahkan batang atas atau bawah makin kurus. 
3. Akar keluar dari pot, berarti pot sarat dengan akar.

Cara Mengganti Media Tanam Kaktus
Bila didapatkan tanda-tanda tersebut di atas, segera keluarkan kaktus dari pot. Pot ini dapat dipakai kembali bila masih sesuai, asalkan dicucui lebih dahulu dengan air sabun. Ada dua cara yang dilakukan mengganti media tanam kaktus
Pertama
Akar dipotong sampai tersisa seperempat bagian. Setelah dibersihkan dari media tanam lama, kaktus dapat langsung ditanam di dalam pot yang sesuai. 
Kedua
Semua akar dipotong habis, lalu dibiarkan tergeletak di tempat teduh. Untuk memacu pertumbuhan akar maka diberi root hormon. Biasanya 2-3 minggu kemudian akan keluar kar dan siap ditnam kembali. 
Baik cara pertama dan kedua memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Cara yang kedua agak sedikit merepotkan dan memakan banyak tempat kendati demikian cara yang kedua akan lebih mempercepat pertumbuhan kembali kaktus. 
Sekarang terserah Anda, menggunakan cara pertama atau kedua. Demikian waktu untuk  mengganti media tanam kaktus. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar