Kenali Gejala Kerusakan pada Kaktus

Kaktus merupakan tanaman asli daerah gurun. Kaktus sebagai tanaman hias, perawatannya tidak terlalu sulit. Namun jika sembrono dalam merawat tanaman hias ini, tentu hasilnya amat mengecewakan. Untuk lebih memudahkan perawatan kaktus, kiranya perlu mengetahui beberapa gejala kerusakan yang terjadi pada tanaman kaktus. 

1. Pucuk Batang kisut disertai pembusukan ringan di bawahnya. 
Penyebabnya ada dua kemungkinan. Yang pertama kalau disertai pembusukan yang dibawahnya penyebabnya adalah kebanyakan air, hal ini biasanya terjadi pada musim hujan. Sebaliknya kalau tanaman kaktus kisut itu berarti kekurangan air. Beri air secukupnya maka batang kaktus kembali normal
2. Berhenti Tumbuh
ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kaktus berhenti tumbuh. Yang umum adalah akibat pot sudah dengan akar dan media tanamnya sudah kurus. Kemungkinan kedua, terlalu banyak air pada saat musim penghujan. 
Penanggulangan untuk hal tersebut, jika karena akibat pertama, saatnya mengganti media tanam dan kurangi akarnya. Jika sebab yang kedua, lakukan keseimbangan kelembaban media tanam. Pada saat musim pengujan kurangi pemberian airnya, sebaliknya jika saat musim kemarau,lakukan penyiraman secara teratur. 
3. Permukaan Batangnya burik
permukaan batang burik, menunjukan kaktus Anda telah terserang hama tungau. Penanggulangannya, semprotlah dengan larutan akarisida, seperti Omite dan Oxunack misalnya. 
4. Ada benjolan gabus dikulit batangnya
Benjolan ini merupakan bekas luka akibat serangan hama serangga atau benturan fisik lainnya. Penanggulangannya, jagalah kaktus anda jangan sampai terkena benturan. Jika hal ini masih terjadi, ya..berarti nasib kaktus anda harus begitu..
5. Bercak-bercak coklat pada batang
Biasanya disebabkan oleh penyakit busuk batang. Penanggulangannya, perbaiki lingkungan tumbuhnya, sebab jika tanaman ini terjaga otomatis tahan dari penyakit ini. Jika sudah terjadi bercaknya, hilangkan bagian yang terkena dan siramlah media tanamnya dengan larutan fungisida.
6. Batangnya tumbuh kurus memanjang
Gejala ini disebabkan oleh kekurangan sinar matahari. Penanggulanggannya, letakan kaktus Anda di tempat yang tersedia sinar matahari secara langsung.
7. Bercak seperti bulu-bulu putih di batang
Gejala ini menandakan kaktus Anda telah diserang kutu putih. Penanggulanggannya, semprotkan larutan insektisida.
8. Bercak berupa tonjolan kuning pada batang
Gejala ini juga menunjukan bahwa kaktus Anda telah diserang hama serangga. Penanggulangannya, semprotlah dengan larutaan insektisida.
9. Busuk pada pangkal batang
Kerusakan ini disebabkan oleh lingkungan tumbuh yang terlalu basah. Penanggulangannya, media tanamnya harus dijaga jangan sampai becek dengan menyiramnya jika media tanamnya sudah kering dan dianjurkaan agar permukaan media tanamnya diberi kerikil atau sejenisnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar