Cara Menyetek Daun Violces

Cara Menyetek Daun Violces

Memperbanyak tanaman violces dengan cara yang mudah dan sederhana adalah lewat stek daun. Cara perbanyakan lain seperti lewat biji misalnya, dianggap terlalu lama karena butuh waktu untuk memperoleh bijinya. 
Peralatan yang harus disediakan hanya wadah plastik untuk penanaman dan sebilah pisau tajam yang bersih,untuk memotong tangkai daunnya. Daun yang siap stek adalah daun yang sudah dewasa. Stek berasal dari daun muda seringkali gagal karena busuk. 
Tangkai daun yang akan distek dipotong miring,potongannya sejajar dengan permukaan bawah daun, agar diperoleh permukaan yang cukup luas dan akar dapat tumbuh sebanyak-banyaknya. Untuk merangsang keluarnya akar, stek ini direndam dulu dalam air. Setelah berakar, baru dipindahkan kemedia pembibitan. Tetapi tanpa direndam dulupun bisa juga tumbuh. 

Media yang dipakai berupa campuran 50 persen humus bambu, 25 persen pupuk andan dan 25 persen. Sebaiknya semua campuran tersebut dikukus terlebih dahulu selama dua sampai empat jam, kemudian dikeringkan 2 sampai 3 hari. Tujuan dari pengukusan ini adalah untuk menghindaari ancaman cacing nematoda yang sering mematikan Violces. Sebelum media dipakai, dianjurkan untuk mengukur derajat keasaman.Angka pH sedikit diatas 6, berpengaruh baik bagi kesuburan Violces selanjutnya. Kalau tidak, maka pertumbuhannya akan lambat dan sulit berbunga .

Stek daun ini membutuhkan waktu kira-kira dua bulan untuk bertunas. Tunas-tunas dipisahkan satu sama lain kalau panjangnya sudag 2-3 cm, dan dipindah ke potlain (kompot) agar tumbuh lebih leluasa. Satu sampai dua bulan kemudian, tanaman dipindah lagi, tetapi ke pot tunggal. Setip potnya berisi satu tanaman. 

Perawatan
Sejak stek mulai ditanam samai dia ditempatkan dalam kompot, sangat membutuhkan pupuk untuk merangsang tumbuhnya daun. Setiap  minggu sekali pemupukan dengan pupuk yang mengandung N tinggi, rutin diberikan. Memasuki masa pembungaan, terutama setelah Violces ditempatkan dalam pot tunggal, pupuk yang diberikan harus berkadar P tinggi, agar cepat berbunga. Untuk mencegah datangnya hama  maupun penyakit, perlu dilakukan pemberian obat yang sesuai. Kondisi yang cocok buat violces adalah tempat yang teduh agar kelembabannya tetap terjaga dan terang walupun secara tidak langsung terkena sinar matahari. Violces mulai berbunga setelah lebih 8 bulan, asalkan dirawat baik-baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar