Tanaman-Tanaman Pengusir Nyamuk

Siapa yang tidak kenal nyamuk? Siapa pula yang belum digigit nyamuk. Hemm memang nyamuk adalah serangga yang sering kali mengganggu kenyamanan kita. Beragam nyamuk dari yang hanya menggigit sampai yang meninggalkan penyakit, apapun itu sangat-sangat tidak mengenakan. 

Untuk mengusir nyamuk enyah dari lingkungan tempat tinggal kita, upaya yang dapat kita lakukan tentu menjaga budaya sehat. Budaya sehat seperti membuang sampah pada tempatnya, menutup jamban, membersihkan selokan secara rutin, namun begitu namanya nyamuk suatu saat datang dan menghampiri kita. Produk kimia pengusir nyamuk pun dibuat. Dari model semprotan sampai lotion. Namun bahan kimia tetap bahan kimia. Ia mengandung efek samping negatif. Dan beberapa penelitian obat nyamuk dari bahan kimia dapat menimbulkan beragam penyakit yang tidak ringan. Penyakit paru-paru misalnya adalah penyakit yang menakutkan, yang dapat disebabkan oleh obat nyamuk berbahan kimia.

Penggunaan obat nyamuk selain berasal dari bahan kimia, merupakan salah satu solusi. Ada beberapa tumbuhan yang dapat berfungsi sebagai mana obat nyamuk dari bahan kimia. Setidaknya ia dapat mengusir nyamuk menjauh dari tempat yang ada tumbuh-tumbuhan tersebut. 

Berikut beberapa tanaman-tanaman mengusir nyamuk:
Lavender
Tanaman yang berbunga berwarna ungu ini sebagai bahan baku lotion anti nyamuk. Dalam kandungan tanaman ini mengandung zat linalool dan lynalyl acetat. Penggunaan tanaman ini untuk anti nyamuk dilakukan dengan cara menggosokan bunga ataupun daunnya ke permukaan kulit kita. Namun apabila hal ini merepotkan Tanaman Lavender dapat pula di tanam dalam pot kemudian di letakan di ruangan rumah. Aroma dari tanaman lavender dapat menakuti nyamuk.

Zodia
Tanaman Zodia mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine, yang berfungsi mengusir nyamuk. Tanaman yang konon ceritanya berasal dari Papua ini tergolong dalam famili Rutaceae. 
Cara Penggunaan zodia sebagai anti nyamuk adalah dengan meletakan tanaman ini pada tempat masuknya angin ke dalam ruangan. Misal ditempatkan di sampin pintu kamar atau ruang tamu, agar aromanya menyebar dan nyamuk dapat dicegah. Dapat juga diletakan di dekat AC atau kipas angin. Namun perlu diingat dan diwaspadai, tanaman ini apabila di tempat yang sirkulasi udaranya kurang baik, dapat menyebabkan pusing. 

Rosemary
Bau yang dihasilakan tanaman ini mirip bau minyak telon yang di benci oleh nyamuk. Tanaman ini menyukai tumbuh di bawah terik sinar matahari. Jadi jika ingin menggunakan tanaman ini di dalam ruangan, alangkah baiknya di letakan di dekat jendela. Cara penggunaan sebagai lotion hanya digosok-gosokan daunnya ke kulit kita.

Akar Wangi
Namanya saja Akar Wangi. Tentu bau yang dikeluarkan tanaman ini sangat menyengat. Dan nyamuk Aedes Aegypti dapat terkapar tak berdaya jika mencium bau yang dikeluarkan oleh akar wangi. 

Searai
Selain sebagai bumbu masak idola ibu-ibu, tanaman serai juga dapat berfungsi sebagai tanaman ampuh pengusir nyamuk. Zat geraniol dan sitroneal yang ada dalam kandungan tanaman serai, ini yang membuat nyamuk tidak betah. 

Marigold
Bunga tanaman ini mengeluarkan bau yang tajam, dan si nyamuk tidak menyukai adanya bau tajam. Marigold memiliki varietas yang beragam dan melimpah.

Ageratum
Bunga lain yang dapat memebentengi lingkungan kita dari nyamuk adalah bunga Ageratum. Ageratum merupakan tanaman yang mengandung coumarin tidur, yang memiliki bau yang sangat dibenci nyamuk. Sayangnya tanaman ini hanya berbunga setahun sekali dengan warna biru dan putih

Geranium
Salah satu jenis geranium, yakni lemon Geranium, memiliki bau kuat ketika daunnya digosok

Citroso Mosquito
Tanaman asal negara Kincir angin, Belanda, ini memiliki aroma lemon yang menyengat. Tanaman ini tumbuh baik jika sinar matahari rutin menyinari tanaman ini

Tertarik menanam tanaman pengusir nyamuk. Tidak ada salahnya untuk dicoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar