Jangan Berikan Cacing Sutra Untuk Maskoki, Ini Alasannya

Baik - Buruknya Cacing Sutera untuk Maskoki


Maskoki yang diberi makanan hidup cacing sutera cepat menjadi gemuk, tapi warnanya bisa pudar. Lagi pula dalam akuarium cacing ini bisa merusak tanaman hias. 

Ada tiga jenis makanan hidup yang umum diberikan kepada maskoki, yaitu cacing sutera, jentik nyamuk, dan kutu air.

Keuntungan cacing sutera
Sepintas bentuk cacing sutera seperti benang kusut, karena suka hidup bergerombol. warnanya merah darah. di air, cacing ini hanya tampak sebagian tubuhnya yang bebas melambai-lambai di dasar perairan yang airnya mengalir pelan dan kaya bahan organik.
Maskoki yang diberi makanan cacing sutera, badannya cepat menjadi gemuk, ujar sukiman dari Laris Aquarium di Grogol, Jakarta. Cacing lembut ini baik sekali dipakai untuk membesarkan maskoki muda yang dipelihara dalam kolam. Akan tetapi maskoki yang dipajang dalam akuarium, sebaiknya jangan diberi cacing sutera. Sebab warna maskoki yang semula cermelang, bisa pudar. Lebih baik maskoki dalam akuarium diberi makanan buatan saja, agar warnanya yang bagus bisa tetap cemerlang.

Merusak tanaman akuarium
Kalau terpaksa diberikan sebagai makanan selingan, cacing ditaruh dalam mangkuk berdiameter sekitar 10 cm yang ditaruh di dasar akuarium.
Kalau sampai terlanjur berkembangbiak dan merusak tanaman air, tidak ada pilihan lain, isi akuarium harus dibersihkan secara total. Ikan dipeindahkan ke aquarium atau wadah lain untuk sementara waktu, dan isi akuarium dibersihkan. Air, kerikil, pasir dan sisa-sisa makanan dibersihkan dan diganti dengan tanaman yang baru. Kalau pasir dan batu masih memungkinkan dipakai lagi, terlebih dulu harus direndam terlebih dahulu dalam air garam selama 30 menit, agar benih an telur cacaing yang menempel mati, lalu dicuci bersih untuk menghilangkan garamnya. Kalau tidak demikian, benih cacing akan menetas an tumbuh lebih lanjut, lalu merusak kembali tatanan keindahan dan keseimbangan hidup dalam akuarium.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar