Penyebab Terbentuknya Kaktus Kristata

Kaktus Kristata , merupakan bentuk kaktus yang menyimpang dari keadaan normalnya. Dengan keadaan yang sedikit anek dan nyentrik, tentu kaktus kristata bernilai lebih dari kebanyakan kaktus yang ada. Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan kaktus berbentuk kristata. Penyebab itu antara lain,

1. terbelahnya titik tumbuh atau tunas terminal kaktus yang kemudian tumbuh dan berkembang sehingga menjadi kakatus yang berbentuk abnormal.
2. Tumbuhnya tunas-tunas diseluruh permukaan batang, yang kemudian berhimpit-himpitan.
3. Tumbuhnya tunas di salah satu sisi bagian batang, yang kemudian berhimpit-himpitan sehingga membentuk kaktus kristata yang mirip kipas. 

Walaupun memiliki perkembangan yang tidak pada umumnya, kaktus kristata umumnya masih dapat berkembang. Namun biasanya bunga yang ada tidak seperti biasanya. Bunganya dapat mengahsilksn biji, tetapi umumnya berupa biji steril (mandul). Namun masih ada juga bunga yang tumbuh subur, namun jika ditanan belum tentu hasilnya akan menghasilkan kaktus kristata seperti induknya. Oleh sebab itu kaktus kristata dalam perbanyakan, penghobi sering melakukan stek batang untuk perkembangbiakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar