Agar Tanaman Hias Rajin Berbunga

Tanaman hias berbunga yang di kita pelihara tentu ingin rajin berbunga. Memang ada beberapa tanaman hias yang berbunga hanya pada musimnya. Merawat tanaman hias tidaklah mudah. Butuh keniatan dan kesabaran untuk merawat tanaman hias berbunga tersebut. Memang bagi beberapa orang merawat tanaman dapat dijadikan sebuah hobi yang menyenangkan. Merawat tanaman hias bagi orang yang sudah hobi menanam tanaman hias, adalah sebuah keharusan. Mereka merawat tanaman hias dengan hati gembira tanpa ada paksaan. Namun bagi beberapa orang yang baru jatuh cinta merawat tanamn hias, tentu perlu beberapa panduan, agar merawat tanaman hias khususnya yang berbunga tidak sia-sia. 

Berikut ini beberapa cara atau panduan agar tanaman hias rajin berbunga, diantaranya adalah

- jenis tanaman
pemilihan jenis tanaman hias yang berbunga menjadi fital. Pilihlah tanaman-tanaman hias yang berbunga sepanjang tahun, tidak mengenal musim. Jika menaman tanaman hias namun berbunganya hanya mengenal musim. Tentu kita tidak dapat membuatnya berbunga sepanjang hari, kecuali memang bibit tanaman tersebut hasil dari persilangan. 

- setelah memilih jenis tanaman langkah selanjutnya adalah mengecek kondisi tanaman. Agar Tanaman hias rajin berbunga, dalam memilih atau jika membeli maka harus diperhatikan kondisi tanaman hias tersebut. Pastikan daun segar, tangkai kuat, batang tidak terluka, perakaran tidak terpotong dan sebagainya. 

- Pemberian Pupuk
pupuk seperti halnya nutrisi yang amat dibutuhkan manusia. Tanaman juga sangat mengharapkan pupuk yang sesuai, agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman sesuai yang diharapkan. Banyak jenis pupuk buatan yang dengan mudah didapat di toko-toko pertanian. Tapi disarankan menggunakan pupuk kandang saja. Baik pupuk hasil kotoran kambing, ayam maupun sapi. Kapan dan cara pemberian pupuk pun tidak boleh asal-asalan.

- Penyiraman
Jiaka kita tidak minum sehari, maka berakibat tubuh menjadi lemas, gampag lelah. Tanaman hias pun demikian. Penyiraman yang rutin amat diharapkan tanaman hias agar ia rajain berbunga. Penyeriman pada musim kemarau harus lebih rutin. Hal ini untuk menjaga kadar air yang ada dalam media tanaman hias berbunga. Penyiraman juga tidak boleh terlalu sering.Jika tanaman hias berbunga terlalu banyak menerima air, tidak menutup kemungkinan akar tanaman akan cepat busuk. Bukan menjadikan tanaman hias rajin berbunga, tapi sebaliknya tanaman akan mati perlahan-lahan. Jadi atur penyiraman, sesuaikan dengan kondisi lingkungan dan musim. 

- Penempatan tanaman
Tempatkan tanaman dilokasi yang mudah untuk misalnya disiram. Jauhkan tanaman hias dari jangkauan anak-anak. Serajin-rajinnya tanaman hias berbunga, namun anak Anda atau Anak tetangga rajin memetik bunga sebagai mainan, maka Anda pun tetap tidak merasakan indahnya bunga yang tumbuh ditanaman hias anda. Penempatan yang baik, biasanya tanaman hias di tempatkan di rak-rak kayu atau bambu atau bahan lainnya. 

- Cahaya Matahari
Cahaya matahari, khususnya matahari pagi sangat didambakan oleh beberapa tanaman hias. Bahkan ada beberapa tanaman hias berbunga yang membutuhkan sinar matahari seharian penuh. Tempatkan tanaman anda agar sinar matahari dapat menerpa seluruh bagian tanaman. 

- Pemangkasan
Pemangkasan ranting sangat penting dilakukan untuk menjaga perkembangan bunga-bunga tanaman hias. Pangkaslah ranting yang memang tidak berfungsi baik, atau ranting yang tumbuh kearah yang tidak diperlukan. Berhati-hatilah memilih ranting tanaman hias yang akan dipangkas. 

Itulah beberapa macam cara agar tanaman hias rajin berbunga. Anda dapat melakukan cara cara tersebut di atas, dengan syarat lakukan dengan rutin atau istiqomah. Jika Anda ingin memiliki tanaman hias yang rajin berbunga, namun Anda bosan atau hanya dua tiga hari melakukan perawatan di atas tidak ada kamus yang menjamin tanaman hias anda akan rajin berbunga. Jadikan bertanam sebagai hobi Anda.Salam dan sukses!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar