Mengenal Tanaman Pembawa Sial

Salah satu jenis anggrek yang memiliki keindahan dalam hal warna bunga serta bentuknya adalah anggrek kalajengking. Anggrek ini dinamai kalajengking mungkin merujuk pada bentuk bunganya. Memang jenis anggrek ini memiliki bunga seperti  capit yang siap mencengkram musuhnya seperti halnya hewan kalajengking. 
anggrek kalajengking
(img:wikipedia.com)

Menurut sejarahnya anggrek kalajengking ini ditemukan pertama kalinya oleh Schlechter di Minahasa pada tahun 1911. Ditemukan pada ketinggian 800 sampai 1000 meter diatas permukaan laut. 

Anggrek ini merupakan anggrek yang dapat tumbuh di segala jenis alam terbuka di daerah tropis. Ia tumbuh tersebar di wilayah pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Spesies  ini memiliki dua varietas yang cukup dikenal yaitu, A. flos-aeris var. gracilis dan A. flos- aeris var. insignis. 

Anggrek kalajengking saat masih muda memiliki akar gantung. Akar gantung tersebut akan berubah fungsi menjadi akar tunjang saat tanaman anggrek kalajeningking berumur tua. 

Anggrek kalajengking memiliki batang yang kuat, tinggi dan dapat memiliki panjang 4-10 cm pada ruas-ruasnya. Daunnya tebal dan berbentuk pita pipih yang memanjang yang memiliki panjang hingga mencapai 35 cm dan lebar sekitar 5 cm. Pada umumnya tanaman anggrek jenis ini memiliki bunga yang tidak lebat. Bunganya memiliki tinggi kurang lebih 10 cm dan lebar kurang lebih 8 cm. Warna bunganya kuning semu kehijauan dan berlurik coklat gelap. Bunga anggrek kalajenging memiliki aroma yang harum, baunya seperti aroma kasturi. 

Seperti jenis anggrek pada umumnya, anggrek kalajengking juga bersifat epifit, dan dapat juga ditanam langsung ditanah. Anggrek kalajeningking biasanya tumbuh menempel dan ternaungi oleh kenopi pohon dengan ketinggian 12 meter diatas permukaan tanah. Sering pula dijumpai pada semak pinggir sungai, diatas kayu lapuk dan permukaan batuan kapur pada tebing sungai.  

Banyak mitos negatif yang berkembang dimasyarakat tehadap keberadaan anggrek  kalajengking ini. Menurut cerita siapa saja yang menanam anggrek kalajengking akan diliputi kesialan dalam hidupnya. Namun toh itu sekedar mitos, banyak orang yang kini berburu tanaman anggrek kalajengking sebagai tanaman hias. Apakah Anda juga ingin menanam tanaman anggrek kalajengking ini?...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar