Berbudidaya Anggrek Dalam Botol

Anggrek sebagai salah satu tanaman bunga yang banyak disenangi oleh orang terlebih golongan wanita. Hal ini lantaran bunga anggrek sangatlah cantik serta lagi type anggrek ada beberapa jenisnya dengan bentuk yang cantik juga. Bunga anggrek sendiri berperan buat membuat cantik halaman rumah. Langkah menanam bunga anggrek ada berbagai macam. Yaitu ada yang langkah menanam anggrek dalam botol, serta ada pula dalam tanah. Harga jual bibit anggrek botol ini dapat banyak ragam di market pada kisaran 25rb – 30rb per botolnya di kios pertanian. 

Langkah budidaya anggrek dalam botol yakni pertama laksanakan sistem pembibitan terlebih dulu. Tentukan bibit anggrek botolan yang baik serta sehat yang tampak dari bentuk batangnya yang kuat, daunnya subur, bunganya lebat serta indah. Lantas jalankan pensterilan biji bunga anggrek. Pensterilan ini mesti dikerjakan dahulu saat sebelum laksanakan penyebaran biji bibit anggrek dalam botol. Mengenai tata langkah menjaga tanaman bunga type anggrek ini udah kami buatkan artikelnya dengan cara terpisah. 

Untuk langkah pensterilan bibit anggrek dalam botol dikerjakan melalui cara yakni buat terlebih dulu larutan air kaporit dengan jumlah ukuran 100 cc air buat 10 gr kaporit. Lantas saring air kaporit memanfaatkan kertas filter. Kemudian biji anggrek dimasukkan dengan larutan kaporit tadi ke botol. Lantas botol digojong hingga warna biji anggrek beralih dari warna kuning jadi warna kehijauan. Lamanya lebih kurang 10 menit. Kemudian larutan air kaporit dibuang serta ubah aquades. Lantas gojog kembali. Jalankan dengan cara berkali-kali hingga 2-3 kali. Kemudian langkah menanam anggrek dari botol lalu yaitu laksanakan pensterilan botol dengan memanaskan leher botol diatas campur spirtus agar kumannya hilang. Serta masukkan biji anggrek dengan memanfaatkan pipet yang bersih ke botol. Kemudian panaskan lagi botol yang udah di isi biji anggrek diatas spirtus. Lantas tutup lagi. 

Langkah menanam anggrek dari botol buat pensterilan udah usai. Selanjutnya yakni sistem penyemaian benih. Langkah pertama yakni biji anggrek di pilih lebih dahulu yang baik dengan memanfaatkan mikroskop. Jika berisi kosong jadi warnanya putih. Jika diisi bermakna warnanya coklat/kuning/warna lain. Lantas siapkan botol yang ukurannya lebar serta bersih. Tentukan yg tidak berwarna agar sinar matahari dapat masuk ke botol serta agar sanggup tampak dengan terang perkembangan dari biji anggrek. 

Kemudian tutup botol dengan kapas yang digulung hingga keras. Ikat dengan memanfaatkan tali pada bagian ujungnya agar gampang selagi dilepaskan nanti. Tutup botol dengan rapat agar terbebas dari masuknya bakteri atau jamur agar tanaman tak terkontaminasi atau terserang infeksi. Langkah budidaya anggrek dalam botol lalu yakni siapkan almari kaca yang bersih dari jamur atau bakteri dengan disemprotkan alkohol atau spirtus terlebih dulu. Beri tablet formalin agar tak terkontaminasi. Langkah menanam anggrek dari botol buat sisi penyemaian bibit udah usai. 

Selanjutnya yaitu langkah menanam anggrek dari botol buat sisi bikin media tanam. Biasanya bikin media tanam buat bunga anggrek memanfaatkan resep Khudson C (NORTHEN) 12. Yaitu : 

- Ca (NO3) 2H2O : 1 gram 

- MgSD47H2D : 0, 25 gram 

- KH2PO4 : 0, 25 gram 

- (NH4) 2SO4 : 0, 25 gram 

- FeSO4 4 H2O : 0, 25 gram 

- Saccharose : 20 gram 

- MnSO4 : 0, 0075 gram 

- Aquades : 1000 cc 

- Agar-agar : 15 – 17, 5 gram 

langkah seterusnya dalam langkah menanam anggrek dalam botol yaitu memindahkan bibit dari botol ke tempat pot penyemaian. Sesudah anggrek didalam botol udah berkembang, pindahkan bibit ke pot yang udah dilubangi. Berikanlah pecahan genting di dasarnya serta potongan akar pakis berwarna coklat memiliki ukuran 5-30 mm. Media tanam semestinya dicuci terlebih dulu saat sebelum digunakan serta airnya hingga hilang. Selesai dicuci, akar pakis di rendam didalam kombinasi media sepanjang lebih kurang 24 jam. Kombinasi media itu terbagi dalam urea/ZA banyak 0, 50 gr. DS, TS atau ES banyak 0, 25 gr, 0, 25 gr kalium sulfat, 1000 cc air. Sekian langkah menjaga anggrek dari botol serta langkah menanamnya. Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar