Cara Merawat Tanaman Indoor

Tanaman hias yang dapat digolongkan juga sebagai type tanaman hias indoor harus mempunyai ketahanan hidup dalam ruang. Tahan pada temperatur ruang. Tahan pada kelembaban yang rendah, aliran udara yang relatif sedikit dan juga harus bisa cocokkan dengan ruang ber AC. Ketahanan dalam ruang minimal selama 2 minggu. 

Kelangsungan hidup beragam jenis tanaman hias dalam ruang rumah atau kantor juga diputuskan oleh media tanam yang digunakan. Media tanam untuk tanaman hias indoor harus memiliki ciri-ciri porous, yang dapat menahan sedikit air. Media tanam yang cocok yakni sekam bakar, cacahan pakis, cocopeat atau gabungan sesuai sama jenis tanaman hias yang akan ditanam. Juga perlu ditambah humus daun atau pupuk kandang yang telah di proses. 

Sebagian misal type daftar tanaman hias untuk indoor yang popular umpamanya Dendrobium serta Phaeleonopsis atau Anggrek bln. yang di kenal juga sebagai tanaman yang rewel serta susah untuk tumbuh, Palem dari keluarga sawit yang di kenal dengan nama latin palmae, spathiphyllum atau bunga Lili, pakis dengan daunnya yang berbulu serta memiliki tekstur besar, authurium yang exotis, sirih gading dengan daya tahannya yang kuat dan Massangeana Cane yang lebih di kenal juga sebagai bunga Andong di Indonesia. 

Terkecuali menanam sendiri terdapat beberapa layanan sewa tanaman hias daun serta bunga yang dapat kita dapatkan namun tidak seluruhnya jenis tanaman hias cocok diletakkan dalam ruang untuk indoor. Ada banyak kriteria untuk memudahkan memastikan tanaman hias yang dapat digunkan juga sebagai tanaman hias dalam ruang. Kriteria yang perlu diperhitungkan : 

1. Didasarkan atas type serta manfaat juga sebagai tanaman hias indoor. 
Tanaman hias ada tanaman hias berbunga serta tanaman hias yg tidak berbunga atau umum dimaksud tanaman hias daun. Tanaman hias berbunga di nikmati lantaran keindahan bungannya umpamanya angrek, adenium, mawar. Tanaman hias daun di nikmati lantaran keindahan corak serta warna daunnya, umpamanya anthurium, aglaonema, sanseviera. Type tanaman hias yang bisa dipakai juga sebagai tanaman hias indoor banyak dari tanaman hias daun. Tetapi juga ada tanaman hias bunga dapat juga sebagai tanaman hias indoor. Namun jumlahnya tak sejumlah tanaman hias daun. 

Manfaat juga sebagai tanaman hias indoor berbagai macam. Tanaman hias itu ditempatkan dalam ruang untuk apa. Juga sebagai pembatas pandangan, juga sebagai memperindah pojok ruang. Untuk pemanis atau memperindah ruang, tanaman hias yang digunakan mesti penuhi persyaratan seperti berdaun unik serta berwarna indah. Sedang juga sebagai pembatas ruang tanaman hias yang dipakai mesti cukup besar serta berdaun lebat. Sebagian tanaman hias yang bisa dipakai juga sebagai tanaman hias indoor yaitu : dari type tanaman hias berbunga ; anthurium bunga, begonia, spathiphylum, anggrek. Dari type tanaman hias daun ; andiantum, aglaonema, sanseviera, caladium, philodendron, cordyline, dracaena dan lain-lain. 

2. Didasarkan ketahanan tanaman. 
Tanaman hias mempunyai ketahanan yang berlainan pada lingkungan. Seperti intensitas sinar, kelembapan, aliran hawa serta temperatur. Tanaman hias yang tahan bakal intensitas sinar matahari yang rendah bisa dipakai juga sebagai tanaman hias indoor. Juga tahan pada hawa kering dengan sedikit aliran serta tahan pada temperatur tengah dan ketidaksamaan temperatur siang serta malam yang ekstrem. Akan tetapi bukanlah bermakna tanaman itu tahan selama-lamanya dalam ruang. Perputaran tanaman terus dibutuhkan. Minimum 2 minggu sekali perputaran dikerjakan. Tanaman hias dari dalam ruang ditempatkan kembali di luar. Dengan maksud untuk memberi kesegaran serta agar terus tumbuh dengan baik. Lantaran fotosintesis tanaman terus memerlukan cahaya matahari. 

3. Didasarkan pada sitem perawatan tanaman. 
Ketidaksamaan ketahanan tanaman hias pada lingkungannya, bikin tanaman hias itu memiliki system perawatan yang tidak sama juga. Rata-rata tanaman hias yang membutuhkan intensitas matahari yang tinggi memiliki system perawatan yang paling mudah. Akan tetapi type tanaman hias indoor, ada pula yang perlu perawatan intensif serta ada yang gampang perawatannya. 

Disarankan untuk hobyis pemula dalam memastikan tanaman hias indoor untuk mencari yang perawatannya sedikit dan mudah. Mudah perawatan bermakna kesibukan perawatan tanaman hias itu mudah dan cepat ditangani oleh siapapun. Yang terhitung tanaman hias indoor mudah dirawat : sanseviera, dracaena, philodendron. Untuk yang butuh perawatan intensif : aglaonema, anthurium, calladium, anggrek. 

Koleksi tanaman hias indoor memang gampang-gampang susah, dan perlu ketelatenan. Namun mempunyai kenikmatan sendiri, dan kenikmatan lihat tanaman hias itu dapat dibawanya kedalam rumah juga sampai ke kamar tidur. Memang dari segi biaya perawatan sedikit diatas tanaman untuk luar ruang. Tetapi tanaman hias indoor ini mempunyai peluang usaha sendiri yaitu “Bisnis Rental tanaman Hias”. Yang mana saat ini trennya menunjukkan semakin bertambah. Untuk perkantoran, rumah sakit, maupun acara seminar dan pernikahan. Bagaiman dengan anda…??? Mau coba…!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar