Ingin Menanam Cabe Di Pot? Ini Caranya

Siapa yg tidak mengetahui cabe rawit? Bisa di pastikan bahwa semua orang-orang Indonesia mengetahui varietas cabe yang satu ini. Ciri khas cabe rawit merah yakni ukurannya yang relatif kecil tetapi memiliki rasa pedas yang mengagumkan. Makin mahalnya harga cabe rawit di market bikin cabe ini jadi makin bernilai untuk diperoleh. Tetapi, pembaca tak perlu cemas dengan mahalnya harga cabe lantaran penulis bakal menuturkan langkah menanam cabe rawit merah yang pas. Untuk pembaca yang halaman tempat tinggalnya tak demikian luas bisa coba berkebun cabe rawit sesudah pelajari langkah menanam cabe merah baik itu dalam pot atau dalam polibag. 

Saat sebelum mengawali langkah berkebun cabai merah rawit, pembaca butuh untuk pilih biji cabe rawit yang berkwalitas. Penentuan biji cabe diawali dengan pilih buah cabe yang sehat dengan kata lain tak tampak sakit. Sesudah diambil, lalu buah cabe disayat untuk keluarkan bijinya. Biji cabe yang sudah di ambil lalu dijemur sepanjang tiga hari dengan tak terpapar cahaya matahari dengan cara segera. Sesudah tiga hari, waktunya lakukan sistem persemaian biji cabe rawit. 

Sistem persemaian cabe rawit dengan diawali merendam biji cabe rawit di air hangat sepanjang 1/2 jam, lalu dilanjutkan dengan merendamnya dalam larutan perangsang akar sepanjang satu hari semalam. Biji cabe yang tampak mengapung selekasnya dibuang lantaran tak akan tumbuh dengan maksimal. Biji yang lolos seleksi dibungkus kain basah sepanjang satu hari semalam. Juga sebagai wadah semai, pembaca bisa memakai bak plastik serta di bagian dasarnya di beri lubang berdiameter 10 cm. Juga sebagai media semai, campur pasir serta pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 serta disiram dengan cairan perangsang akar. 

Wadah serta media semai yang sudah siap bisa selekasnya dipakai untuk menyemai biji. Langkah menanam cabe rawit lewat sistem persemaian yang dikerjakan satu per satu dengan di beri jarak antar biji agar waktu sudah siap untuk ditanam di pot, benih bisa dicabut dengan gampang. Sesudah disemai, sisi atas wadah yang terbuka ditutup dengan plastik tidak tebal untuk menghindari biji dari masalah. Media semai dijaga kelembabannya dengan menyiramnya dengan air seperlunya serta diletakkan di tempat yang teduh. Sesudah biji cabe rawit tumbuh serta memiliki seputar empat helai daun yang baik, bibit cabe bisa selekasnya dipindah ke pot. Waktunya pembaca mengawali langkah menanam cabe rawit di halaman rumah yang prinsipnya sama juga lewat cara menanam cabe merah di polibag atau didalam pot. 

Saat sebelum dikerjakan sistem penanaman, butuh untuk mempersiapkan media tanam yang memiliki manfaat juga sebagai pendukung perkembangan tanaman. Media tanam untuk cabe rawit yakni kombinasi tanah gembur, pupuk kandang, serta ditambah dengan kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1 yang lalu dimasukkan ke pot berdiameter seputar 30 cm. Media tanam mesti telah siap mulai sejak 14 hari saat sebelum dimulainya sistem penanaman. 1 minggu saat sebelum penanaman, media tanam disiram dengan larutan perangsang perkembangan tanaman. Sesudah media tanam siap, waktunya melakukan langkah menanam cabe rawit maupun menanam cabe merah dalam polybag. 

Langkah menanam cabe rawit yang benar yakni dengan diawali pilih bibit cabe rawit hasil semai yang mutunya baik, yakni yang sudah memiliki daun minimum 4 helai prima. Bibit dicabut dari media semai dengan hati-hati agar akar bibit tak rusak. Pada media tanam di pot di buat lubang dengan ukuran yang sedikit semakin besar di banding dengan bibit. Masukkan bibit ke lubang dengan memadatkan daerah seputar akar agar bibit bisa tumbuh dengan baik, serta siram dengan air seperlunya. Sekianlah langkah menanam cabe rawit, semoga bisa berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar