Trik Nanam Cabe Hidroponik di Polybag

Siapa yang belum pernah makan cabe? Bisa di pastikan bahwa tiap tiap orang didunia pernah mengonsumsi hasil bumi yang satu ini. Masalah yang kerap dihadapi oleh costumer yaitu harga cabe yg tidak pasti bahkan juga condong alami penambahan dipicu persediaan cabe di market yg tidak memenuhi, jadi susah untuk memperoleh cabe. Juga sebagai jalan keluar, pembaca bisa berusaha untuk membudidayakan cabe sendiri di halaman rumah. Untuk pembaca yg tidak punya halaman rumah yang luas serta susah memanfaatkan tanah, bisa coba langkah menanam cabe hidroponik dengan memanfaatkan media polybag. 

Cara menanam cabe dengan cara hidroponik diawali dengan bagian pertama yakni pembibitan. Pastikan buah cabe yang sudah masak serta berwujud prima. Irislah buah cabe itu dengan cara memanjang untuk keluarkan biji cabe yang bakal jadikan juga sebagai bibit. Sesudah biji dihimpun, bersihkan bersih serta rendam di air untuk memperoleh biji cabe yang betul-betul sesuai sama untuk pembibitan. Biji cabe yang mengapung di air mesti selekasnya dibuang lantaran mutunya jelek serta nanti tidak bisa tumbuh dengan maksimal. Sesudah sistem seleksi biji usai, selekasnya dilaksanakan sistem persemaian. 

Biji cabai yang bakal disemai di rendam terlebih dulu di air untuk menyebabkan perkembangan kecambah. Sambil menanti sistem perendaman, pembaca bisa mempersiapkan wadah semai serta media tanam yang bakal diperlukan. Juga sebagai wadah semai bisa diperlukan wadah plastik sisa yang kondisinya masihlah bagus. Cara menanam cabe hidroponik tak memanfaatkan tanah juga sebagai media tanam, tetapi bisa memanfaatkan sekam bakar serta coco peat dengan perbandingan 1 : 1. Cara tanam cabe hidroponik selanjutnya yakni menaburkan biji yang sudah di rendam ke wadah semai dengan cara rata serta ditutup dengan plastik tidak tebal untuk menghindari biji dari masalah. Letakkan wadah di tempat yang lembab serta terlepas dari paparan cahaya matahari segera. 

Biji cabe yang sudah disemai sepanjang 1 minggu biasanya sudah berkecambah serta siap untuk mulai di uraikan cahaya matahari dengan cara segera untuk memperkuat perkembangan bibit. Agar nanti tanaman cabe dapat berbuah dengan lebih cepat, baiknya pembaca memotong ujung cabang daun andaikata daun sejati sudah tumbuh. Sesudah sistem pembibitan sudah sukses, waktunya pembaca mendalami langkah menanam cabe hidroponik selanjutnya yakni memindah bibit cabe ke media yang lebih permanen yakni polybag. Saat sebelum mengawali sistem perpindahan, pembaca butuh mempersiapkan polybag dengan ukuran 40×40 cm yang punya lubang pembuangan air serta tentu sudah berisi sekam bakar serta cocopeat dengan ukuran 1 : 1. 

Cara tanam cabai hidroponik sistem perpindahan yakni dengan pilih bibit cabe yang sudah punya daun sejati beberapa 4 sampai 5 helai yang sehat serta berwujud bagus. Lalu selekasnya pindahkan bibit yang sudah di pilih ke polybag dengan cara hati-hati. Baiknya tiap tiap polybag ditanami satu buah bibit agar perkembangan setiap bibit tak sama-sama mengganggu perkembangan. Sesudah usai ditanam, selekasnya siram dengan air yang cukup untuk bikin sistem perkembangan bibit makin bagus. Pembaca yang sudah memahami melalui cara menanam cabe hidroponik waktunya tahu langkah perawatan tanaman cabe. 

Cara budidaya cabe hidroponik butuh perawatan yang pas, seperti disiram air dengan cara teratur untuk melindungi kesegaran serta perkembangan tanaman. Diluar itu, pembaca butuh melindungi tanaman terutama sisi daun dari masalah hama yang bisa menyebabkan jelek pada perkembangan tanaman. Demikian penjelasan penulis tentang langkah menanam cabe hidroponik, semoga bisa jadi rekomendasi utama dalam berbudidaya tanaman cabe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar