Mengatasi Hama dan Penyakit Tanaman Wortel

Hama yang paling umum didapati dalam budidaya wortel yaitu ulat tanah serta kutu daun. Ulat tanah dapat diberantas lewat cara mencari sarangnya, lalu di ambil manual serta dibasmi. Kerjakan saat pagi hari. 

Untuk menghindar serangan ulat, jagalah senantiasa kebersihan tempat serta siangi gulma dengan teratur. Apabila serangan mengganas, dapat memakai pestisida type furadan. 

Kutu daun menyerang pucuk daun dengan menghisap cairan serta mengakibatkan kerusakan bentuk daun jadi keriting. Untuk mengatur kutu daun kerjakan perputaran tanaman agar siklus hidupnya terputus. Penyemprotan dapat memakai insektisida. 

Sedang penyakit yang kerap menyerang budidaya wortel yaitu bercak daun serta bintil akar. Bercak daun dikarenakan oleh sejenis cendawan Cercospora. Penyakit ini menyerang daun tua, gejalanya berbentuk bercak-bercak coklat dengan pinggiran hitam. 

Penyakit bercak daun dapat dikendalikan dengan pilih benih yang sehat atau benih di beri larutan fungisida terlebih dulu. Untuk turunkan kemungkinan serangan penyakit bercak daun, jagalah senantiasa kebersihan kebun. 

Penyakit bintil akar dikarenakan oleh nematoda. Gejalanya bentuk umbi benjol-benjol tidak karuan. Pencegahan dapat dikerjakan dengan perputaran tanaman. Gilir tanaman dengan type lain yang tidak sama keluarga. Penyemprotan kimia yang diterapkan yaitu nematisida. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar